Sejarah Peradaban Pangkas Rambut di Indonesia

Sejarah Peradaban Pangkas Rambut di Indonesia


Terlebih dulu, inspirasi buat thread ini bermula dari rambut saya yang telah gondrong, lantas saya mengambil keputusan untuk cukur rambut ditempat cukuran yang telah umum buat berlangganan, nah kebetulan cocok cukur kepikiran, mengapa tidak nyoba buat thread yang ulas cukur rambut ya? 

Rambut adalah perhiasan yang berada di diri kita, mengapa dimaksud perhiasan? Karna peranannya dapat jadi penghias serta buat indah penampilan kita terutama di wajah kita. Tiap-tiap orang maksimum 3 bln. sekali umumnya tentu pergi ke cukuran untuk mencukur rambut untuk melakukan perbaikan penampilannya agar lebih gegeh 

Sesungguhnya tidak ada kepastian kapan ada cara cukur rambut di Indonesia. Tapi sebagian histori mencatat kalau cukur rambut di Indonesia datang dari negara Tiongkok Cina. Orang Cina saat itu banyak datang serta menebar di Indonesia lewat jalur laut. 

Tidak hanya orang Cina, pada jaman penjajahan Belanda, orang Jepang juga di ketahui telah ada yang mempunyai cukuran. Seperti di Alun-alun Bandung yang pada th. 1932 di ketahui ada cukuran Tjijoda, Nanko, serta Toyama. Belum juga di ketahui, apakah waktu itu ada orang Garut atau Madura yang bekerja jadi tukang cukur rambut di beberapa toko itu. 

Di Indonesia sendiri tukang cukur umumnya identik dengan Madura. Ini dapat dibuktikan dengan adanya banyak kios tukang cukur Madura di beberapa pelosok baik pasar, gang, kota besar, desa dan sebagainya. Histori mencatat kalau pada th. 1677 saat itu ada perang pada 2 kubu. Pada dasarnya orang Madura yang sudah pergi dari tempat mereka tidak ingin pulang kembali pada tempat mereka serta pilih untuk tetaplah tinggal untuk merantau. Akhirnya banyak mereka yang berupaya usaha dagang seperti dagang sate serta tukang cukur rambut. 

Th. 1844 di Bandung ada seseorang Tiongkok Cina yang bekerja jadi tukang cukur rambut. Terkecuali Madura serta Tiongkok, cukur rambut juga dipopulerkan oleh warga Garut. Ceritanya nyaris sama juga dengan Madura, karena ada perseteruan yang berkelanjutan jadi warga Garut bermigrasi ke tempat beda untuk menyelamatkan diri. Untuk bertahan hidup jadi orang garut itu mulai untuk melakukan bisnis yang satu diantaranya yakni jadi tukang cukur rambut. 

Alat cukur dahulu kala : 






Pisau cukur telah ada mulai sejak awal peradaban manusia, ini dibuktikan dengan diketemukannya temuan berbentuk kulit kerang atau batu yang diasah pada makam kuno. 

Pada saat itu, alat cukur yang dipakai berbentuk kulit kerang serta batu, budaya bercukur bisa diketemukan dalam beragam peradaban, umpamanya saja pada budaya Mesir Kuno

Bonus :

Comments

Popular posts from this blog

5 Dinosaurus Bawah Laut Yang Mengerikan

Sejarah Dan Asal Usul Kisah Istana Kuning di Kalimantan Tengah

Sejarah Jatuhnya Organisasi Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB)